Anak Kecanduan Gadget, Begini Mengatasinya

Anak Kecanduan Gadget, Begini Mengatasinya

RajaSpesifikasi.com – Teknologi saat ini terus tidak sedikit digemari dari segala usia, tergolong mempunyai device yang super canggih. Tetapi, apakah perangkat tersebut bisa berbahaya apabila dipakai oleh anak-anak Anda?

Tentu saja bisa, karena sampai saat ini para orang tua dengan leluasa memberbagi fasilitas pemakaian device pada anak mereka. Selain berbahaya bagi psikis tetapi juga berbahaya bagi kesehatannya.

Berbagai tahun terakhir, anak-anak menjadi tidak lebih peduli dengan mainan yang diberbagi oleh orang tuanya, mereka lebih memilih menghabiskan waktu dengan bermain handphone dan berjelajah di internet seharian penuh.

Bertekad untuk merubah faktor tersebut, seorang pria asal Inggris yakni Richard Pursey mengangkat persoalan ini ke tangannya sendiri. Ia menemukan suatu software yang memungkinkan orang tua untuk mencegah anak-anak mereka ketergantungan pada device.

Software tersebut dijuluki SafeToNet. Perangkat lunak ini memungkinkan orang tua untuk menonaktifkan software lain pada perangkat mobile anak-anak, memonitor website web yang mereka jalan masuk dan mengatur durasi handphone, dan mematikan handphone dengan cara langsung apabila diminta.

Software ini adalah respons terhadap meningkatnya kekhawatiran bakal bahaya yang ditimbulkan oleh jalan masuk tidak terbatas anak ke internet.

Pursey berkata bahwa dirinya merasa wajib bertindak ketika menonton anak-anaknya sendiri yang tenggelam di jejaring sosial selagi seharian penuh.

“Apabila Kamu ingin anak meletakkan telepon mereka di sana bakal ada ketika konflik. Perangkat lunak kita memungkinkan Kamu mengunci perangkat anak dari jarak jauh, entah itu di meja alias berada di kamar tidur mereka,” kata Pursey.

SafeToNet memakai kecerdasan buatan untuk mendalami pola perilaku normal anak, semacam yang mereka ajak bicara dan apa yang mereka katakan, supaya bisa menyaring konten berbahaya.

“Jaringan sosial adalah daerah barat yang liar, mereka sangatlah di luar kendali. Saya menonton semua faktor mengerikan ini dalam penelitian saya, saya sangatlah tercengang. Kita ada untuk memblokir konten berbahaya sebelum terkesan dan sebelum kerusakan diperbuat,” ucap Pursey.

Puluhan sekolah di seluruh Inggris beritanya bakal segera menguji software ini pada awal tahun aliran baru.

Software besutan Pursey ini nyatanya juga sudah mendapat dukungan dari sektor pendidikan. Tetapi juru kampanye keamanan anak berkata bahwa software ini mungkin bersifat kontra intuitif dan mencegah anak-anak membuka diri terhadap orang tua mereka.

“Saran kita adalah orang tua seharunya berkata dengan anak-anak mereka daripada memakai alat pemantau, yang bisa berakibat pada privasi mereka, khususnya ketika mereka bertambah tua,” ungkap juru bicara kampanye keamanan anak semacam dikutip dari Telegraph, Minggu (13/8/2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *